Selasa, 13 September 2016

Cara Mengganti Kompresor Kulkas

 Kompresor adalah mesin atau alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan atau memampatkan fluida gas atau udara. Kompresor biasanya menggunakan motor listrik, mesin diesel atau mesin bensin sebagai tenaga penggeraknya. Udara bertekanan hasil dari kompresor biasanya diaplikasikan atau digunakan pada pengecatan dengan teknik spray/ air brush, untuk mengisi angin ban, pembersihan, pneumatik, gerinda udara (air gerinder) dan lain sebagainya.

Kompressor Kulkas ini bisa dibilang jantungnya kulkas, Atau Compressor si pemompa Refrigrant (Freon). Sebab, timbul Efeknya kerusakan pada Compressor kulkas adalah tegangan listrik yang tidak stabil (naik turun) / tegangan terlalu rendah sehingga kinerja Compressor menjadi berat ( saran dari kami pasang STAVOLT / STABILIZER ) untuk menghindari tegangan yang tidak stabil, beban muatan melebihi kapasitas kulkas, Kulkas terlalu dekat dengan dinding/tembok rumah, beri jarak antara body kulkas dengan dinding minimal 30 cm untuk sirkulasi udara yang lebih baik, jangan terlalu lama membuka pintu kulkas, pastikan kedua pintu kulkas tertutup rapat saat Anda tinggalkan.

Inilah Cara Mengganti Kompresor Kulkas, Berikut penjelasannya ^.^

    Bila anda tidak mengetahui besarnya kapasitas compressor/pk lemari es yg akan anda ganti, Sebaiknya anda mencatat kode/type lemari es tersebut lalu anda tanyakan pada showroom merk lemari es tersebut. Bila compressor yg akan anda ganti kapasitasnya kebesaran atau kekecilan akan membuat kinerja lemari es tersebut bekerja tidak maksimal.

Perlu juga anda ketahui pengisian freon pada lemari es, tidak semudah melakukan pengisian freon pada ac split, Ini dikarenakan lemari es menggunakan pipa kapiler yg ukurannya berbeda dengan pipa kapiler yg digunakan pada ac split dan ac window. Sebab dengan pipa kapiler yg berukuran kecil membuat rentan terhadap kebuntuan aliran freon jika ada kotoran yg terbawa pada saat freon mengalir. Bila anda ingin mengganti compressor yg rusak dengan compressor yg baru, Anda harus  ganti strainer dan pipa kapiler dengan yg baru.

Berikut alat-alat yg dibutuhkan untuk mengganti compressor kulkas
adalah:
1. Alat-alat pengelasan yaitu tabung lpg dan tabung oksigen.
2. Manifold.
3. Freon 12 atau freon 134A tergantung pada data spesifikasi yg ada pada lemari es.
4. Pentil pengisian freon.
5. Perak/kawat las tembaga.
6. Pemotong pipa/cutter
7. Flare-nut/flereng
8. Tools/kunci perkakas

Ada 2 macam compressor lemari yaitu:
1. compressor piston
2. compressor rotary

Compressor piston banyak dipakai pada lemari es satu pintu dan dua pintu, tapi pada lemari es dua pintu ada juga yg memakai compressor jenis rotary. Dalam hal kualitas sudah jelas compressor jenis pistonlah yg paling handal dibandingkan dengan compressor jenis rotary.

Salah satu contoh pengalaman pribadi saya, Saya pernah mengganti compressor lemari es dengan jenis rotary, dari hari pertama sampai hari ketiga lemari es tidak ada masalah (dalam keadaan dingin/normal). Nah dihari keempat lemari es mengalami kebuntuan aliran freon pada pipa kapiler yg menyebabkan compressor rotary mengalami kerusakan pada bagian klep compressor.

Karena penyebab tersebut saya harus mengganti compressor yg rusak itu dengan compressor yg baru kembali, Tetapi tidak saya ganti dengan type compressor yg sama. Saya menggantinya dengan compressor berjenis piston walaupun saya harus membuat dudukan tambahan karena ruang dudukan compressor rotary yg begitu sempit. Karena compressor rotary pada lemari es berbentuk tabung dan berposisi horizontal dalam penempatannya.
 
Compressor piston pada lemari es, Pipa keluarannya ada yg tiga buah dan lima buah. Adapun pipa-pipa yg keluar tiga buah adalah:
* Satu pipa tekan/discharge.
* Satu pipa hisap/suction.
* Satu pipa untuk pengisian freon.

Pipa-pipa yg keluar lima buah adalah:
* Satu pipa tekan/discharge
* Satu pipa hisap/suction
* Satu pipa untuk pengisian freon.
* Dua pipa untuk pendinginan oli compressor yg terletak pada bagian bawah compressor.

Sebelum kita melepaskan compressor yg rusak yaitu dengan cara memanaskan sambungan pipa ditekan dan sambungan pipa hisap dengan menggunakan alat pengelasan. Sebelum anda melakukan pelepasan pipa yg berada dibagian compressor, cabut kabel-kabel yg menuju ke compressor dan pastikan freon pada sistem pendingin/lemari es, sudah anda buang !!! Semuanya. yaitu dengan cara memutuskan ujung dari pipa ukuran 1/8 (panjang sekitar 10 cm) yg berada pada strainer atau membuangnya lewat pentil pengisian freon.
 
Setelah compressor terlepas dari dudukannya pasang compressor yg baru, bila compressor yg anda ganti menggunakan starting capassitor berarti ada tiga kabel yg menuju ke terminal compressor, jika tidak menggunakannya berarti hanya dua kabel yg menuju ke compressor. Saya sarankan sebelum melakukan pengelasan, coba dulu menjalankan compressor. Sebab bila ujung pipa sudah di las, compressor mengalami kerusakan/macet kita tidak dapat menukarnya kembali.

Bila compressor dapat beroperasi barulah anda melakukan pengelasan pada pipa tekan dan pipa hisap. Bila jalur pipa tekan terbuat dari besi, sewaktu anda mengelas pergunakan boraks agar jalur pipa tekan dapat menyatu dengan pipa tekan tembaga yg keluar dari comppressor. Setelah pengelasan pipa hisap dan pipa tekan sudah selesai, beralih pada pengelasan pentil pengisian freon. Sewaktu melakukan pengelasan pentil, buka pentil agar seal/karet tidak meleleh terkena hantaran panas, setelah terpasang dan lap dengan kain basah agar hawa panas pada pentil menghilang, setelah itu pasang kembali pentil seal dan kencangkan.

Beralih ketahap pemasangan strainer, terserah anda mau memakai strainer isi silica gel atau strainer kosong/tanpa isi silica gel. Strainer, lubang pengeluaran untuk pipa kapiler ada yg 2 lubang dan 1 lubang (yg dua lubang satunya buat vakum, pasang kapiler 10 cm dan ujungnya biarkan terbuka jangan dilas). Bila pipa kapiler yg berada pada lemari es anda tidak dapat diganti/heat exchanger (pipa kapiler berada didalam jalur pipa hisap/suction) dan pipa kapiler mengalami kebuntuan, anda dapat menggantinya dengan cara melepaskan evaporator yaitu dengan cara memanaskan dengan alat las, Tapi sebelumnya luruskan pipa kapiler agar lebih mudah menarik evaporator keluar.

Pada type lemari es jaman sekarang jalur pipa suction/hisap dan kapiler dipress didalam body lemari es tersebut. Bila anda ingin mengganti pipa kapiler bisa lewat jalur pembuangan air atau membolongi body kulkas dengan bor listrik, tapi hati-hati jangan sampai mengenai pipa condenser.
jadi jalur pipa suction dan pipa kapiler berada diluar body lemari es.

Setelah strainer dan pipa kapiler terpasang/sudah dilas, vakum lemari es dengan mesin vakum sampai angka 30? bila anda tidak mempunyai mesin vakum, lakukan vakum melalui lubang strainer.
bila sudah divakum dan jarum pada manifold tidak naik keatas berarti tidak ada kebocoran pada sambungan pipa dicompressor, strainer dan pipa kapiler yg baru saja anda las.
tapi bila jarum manifold masih naik keatas berarti masih ada kebocoran, cari sampai ketemu kebocoran tersebut.

Setelah tidak ada ruang kebocoran, operasionalkan lemari es, buka kran manifold pada meter biru kearah kiri sambil melihat jarum yg ada pada manifold dan isi freon secara perlahan-lahan sampai jarum menunjukan angka 20 psi, kemudian stop (lakukan berulang-ulang jangan langsung isi sampai 20 psi agar compressor tidak cepat panas) chek juga ampere compressor dengan clamp meter/tang ampere. Liat sudah berapa tekanan freon yg sudah kita isi, sambil mendengarkan apakah ada desiran aliran freon dievaporator.

Bila ada berarti aliran freon berjalan lancar, isi kembali sampai evaporator rata dipenuhi salju (ini untuk lemari es satu pintu), Untuk lemari es dua pintu kita bisa melihatnya dari hembusan fan motornya dibagian pintu atas bila sudah mengeluarkan kabut berarti proses pendinginannya sudah maksimal. Untuk pengisian freon lemari es tidak dapat dilakukan secara cepat dan mudah seperti mengisi freon pada ac split dan dibutuhkan kesabaran bila ternyata setelah kita isi satu jam kemudian aliran freon mengalami kebuntuan.

Untuk mengetahui lemari es yg mengalami kebuntuan, sewaktu kita melakukan pengisian freon dan manifold sudah menunjukan tekanan 10 psi lalu cabut steker lemari es dan lihat apa jarum manifold naik keatas melebihi dari 10 psi?
bila jarum dapat naik keatas berarti aliran freon pada sistem berjalan lancar.
Semoga artikel Cara Mengganti Kompresor Kulkas ini bisa bermanfaat. Baca juga artikel selanjutnya Ciri-ciri mengetahui kerusakan pada kulkas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar